Cari...


Minggu, 10 Mei 2009

“Konsep Analisis Kesehatan Finansial”

Oleh:
Roy Hamdan, ST., MM.


Sama halnya seperti manusia, kesehatan finansial bagi perusahaan pun sesuatu yang sangat penting untuk dijaga. Manusia yang sehat mampu melakukan segala aktifitas dalam kehidupannya dengan lebih baik sehingga hasil yang dicapai pun akan lebih baik pula. Demikian pula dengan finansial perusahaan yang dapat dinilai sehat jika asset perusahaan ditempatkan secara optimal untuk mencapai tujuan perusahaan yang lebih maksimal, yaitu menghasilkan profit dan mampu terus mempertahankan kelangsungan usahanya.


Secara mudah, perusahaan yang dinilai sehat adalah perusahaan yang mampu melakukan aktifitas usaha, mampu memenuhi kewajiban dan mampu menghasilkan keuntungan. Dalam hal ini ada beberapa metode yang dapat dipilih untuk menilai kesehatan finansial perusahaan, diantaranya adalah analisis rasio-rasio keuangan, analisis statistik kualitatif maupun kuantitatif dan masih ada beberapa metode lainnya.

Dari sekian banyak metode kami telah menguji dan membuktikan akurasi suatu metode analisis kesehatan finansial yang dapat dinilai lebih baik untuk diterapkan atau digunakan, yaitu analisis multivariat yang dikombinasikan dengan analisis diskriminan. Lebih lanjut mengenai metode ini adalah metode yang dinamis sejalan dengan perkembangan dan kondisi yang terjadi.


Hal-hal yang patut dipahami agar dapat memanfaatkan model diskriminat secara akurat antara lain:
1.Memahami konsep pengukuran kesehatan finansial perusahaan.
2.Dapat menentukan faktor-faktor yang berpengaruh pada kesehatan finansial perusahaan.
3.Dapat menentukan kualifikasi kesehatan finansial perusahaan.
4.Dapat menyusun model matematik untuk menentukan kesehatan finansial perusahaan.
5.Dapat menentukan titik-titik kelemahan perusahaan berdasarkan kualifikasi kesehatan finansial yang telah dicapai oleh perusahaan.
6.Dapat menentukan tingkat kesehatan finansial perusahaan.
7.Dapat menentukan rekomendasi kebijakan untuk melakukan pembenahan.

Tidak ada komentar:

Recent Viewers