Cari...


Minggu, 23 Agustus 2009

Analisis Kepuasan Karyawan



Dari judul yang tertulis di atas, akan mengundang berbagai pertanyaan, diantaranya akan dimulai dari, “bagaimana mengukur kepuasan?”, “Bagaimanakah memetakan kepuasan karyawan agar mudah dipahami?”, “Apa benefitnya bagi perusahaan?”, “metode apa yang bisa digunakan?”, “Dan mengapa dengan metode tersebut?”, “Bukankah umunya dengan pendekatan statistika dan lain-lainnya?”

Pertanyaan-pertanyan tersebut adalah cerminan dari individu-individu pada suatu perusahaan yang walaupun sehari-hari terlibat dengan pentingnya data-data karyawan, namun belum mengetahui metode apa saja agar diperoleh hasil yang tepat sehingga bermanfaat dalam menentukan kebijakan perusahaan.

Dengan demikian perlu dipahami terlebih dahulu mengenai statistika. Pada dasarnya adalah ilmu yang berkaitan dengan kegiatan mengumpulkan, menata, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasikan data menjadi informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif. Sedangkan statistik adalah suatu kumpulan angka yang tersusun lebih dari satu angka. Oleh karena itu dengan mengunakan statistika pada suatu perusahaan akan membantu individu-individu yang ada di perusahaan tersebut sehingga mampu mengumpulkan, menata, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasikan data menjadi informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang tepat dan efektif.

Selanjutnya, hasil pengolahan data yang diklakukan dengan metode yang tepat dan bermutu akan menghasilkan intepretasi yang ideal. Pada akhirnya akan memudahkan pihak manajemen untuk menentukan kebijakan manajemen yang optimal. Berikutnya akan dapat diturunkan strategi manajemen yang tepat. Strategi manajemen yang sukses menagani berbagai masalah pekerja harus berlandaskan pada kebutuhan perusahaan dan adanya upaya untuk melampaui harapan perusahaan sejalan dengan hasil analisis statistik yang dilakukan.

Alasan tersebut yang mendasari kami (BS Consulting) untuk menawarkan pelatihan dan atau pun jasa analisis kepuasan karyawan agar pihak manajemen perusahaan dapat merumuskan kebijakan dengan tepat.

Beberapa metode Analisis yang dapat pilihan antara lain:
1) Metode Analisis deskriptif dengan nilai indeks kepuasan karyawan sebagai indikator kepuasan.
2) Metode Analisis kesenjangan (gap analisis) dengan daerah kuadran pada kartesisus sebagai penentu kepuasan karyawan.
3) Metode Analisis Tabulasi Silang (Cross Tab) dan Keselarasan dengan indikator Chi Square.
4) Metode Analisis Multivariat Diskriminan dengan nilai Z sebagai indikator kepuasan.
5) Metode Analisis dengan metode Statistical Quality Control dengan batasan UCL (Upper Control Limit) dan LCL (Lower Control Limit) sebagai indikator batas kepuasan.
Pembahasan
Presentasi Hasil.

Adapun mengenai biaya atas jasa yang kami tawarkan untuk bantuan analisis seperti yang disebutkan pada poin adalah sebesar
Rp 4.150.000,00 (Empat Juta Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Mengenai rincian perihal biaya atas jasa yang kami tawarkan untuk mengadakan pelatihan / in house training adalah sebagai berikut:

Jasa Analisis Kepuasan sebesar Rp 4.000.000,- ditambah ADM sebesar Rp 150.000,- sehinggaTotal Rp 4.150.000,-

Jika pilihan metode analisis yang digunakan lebih dari satu metode, maka dikenakan tambahan fee dengan setiap penambahan satu metode analisis adalah Rp 450.000,00.

Catatan: harga belum termasuk PPN 10%

3. Batas waktu pengolahan data hingga presentasi hasil adalah:
a. Kurang dari satu minggu sejak data diserahkan ke pihak BS Consulting, dengan catatan pihak BS Consulting hanya melakukan analisis data dan data tersebut diserahkan dalam bentuk soft copy.
b. Satu minggu (tujuh hari) sejak data diserahkan ke pihak BS Consulting, dengan catatan pihak BS Consulting hanya melakukan analisis data dan data tersebut diserahkan dalam bentuk hard copy.

4. Kami sebagai pihak manajemen BS Consulting akan senantiasa menjaga kerahasiaan data seluruh klien-klien kami. Dan kami pun bersedia menandatangani kesepakatan mengenai kerahasiaan data tersebut.

5. Hasil pengelolahan data akan kami berikan dalam bentuk soft file dan hard file untuk satu kali cetak.

Demikian informasi ini saya sampaikan.

Tidak ada komentar:

Recent Viewers