Cari...


Senin, 09 Maret 2009

Benarkah Aplikasi SPSS dan Eviews Mampu Meningkatkan Kualitas Pengambilan Keputusan Manajemen???


Dari topik di atas akan mengundang berbagai pertanyaan, diantaranya, “Apakah yang dimaksud dengan SPSS/Eviews?”, “Bagaimanakah SPSS/Eviews dapat memecakan masalah-masalah manajemen dengan lebih optimal?”, “Apa benefitnya bagi perusahaan?”, “Adakah kaiatannya dengan statistika?”, “Dan mengapa dengan metode statistik?”, “Bukankah SPSS/Eviews itu software penunjang statistika?”, “Dan apakah itu erat kaitannya dengan istilah mean (rata-rata), median (nilai tengah), modus (nilai data dengan jumlah mayoritas), standar deviasi (penyimpangan standar) dan lain-lainnya?”

Pertanyaan-pertanyan tersebut merupakan cerminan dari individu-individu pada suatu perusahaan yang walaupun sehari-hari terlibat dengan pentingnya data-data perusahaan namun belum memanfaatkan statistika atau metode statistik secara tepat dan optimal. Dan mungkin pula belum mengetahui sepenuhnya manfaat SPSS atau Eviews yang dapat digunakan sebagai sarana untuk pengambilan keputusan yang lebih berkualitas.

Dengan demikian yang perlu dipahami terlebih dahulu konsep statistika. Pada dasarnya statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan kegiatan mengumpulkan, menata, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasikan data menjadi informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif. Sedangkan statistik adalah suatu kumpulan angka yang tersusun lebih dari satu angka. Oleh karena itu dengan mengunakan statistika pada suatu perusahaan akan membantu individu-individu yang ada di perusahaan tersebut sehingga mampu mengumpulkan, menata, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasikan data menjadi informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang tepat dan efektif. Sedangkankaitannya dengan SPSS atau Eviews adalah software yang dapat menunjang kegiatan mengumpulkan, menata, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasikan data dengan lebih menyeluruh, akurat dan sangat cepat.

Selanjutnya, hasil pengolahan data yang diklakukan dengan SPSS atau Eviews akan menghasilkan intepretasi yang berkualitas sebagai penunjang pengambilan keputusan. Pada akhirnya akan memudahkan pihak manajemen untuk menentukan kebijakan manajemen dengan lebih optimal. Berikutnya akan dapat diturunkan strategi manajemen yang tepat. Strategi manajemen yang sukses menagani berbagai masalah perusahaan harus berlandaskan pada kebutuhan perusahaan. Ditambah adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan sebagai harapan perusahaan yang juga tercermin dari hasil analisis statistik yang dilakukan dengan SPSS/Eviews.

Dengan demikian dapat dipahami nilai tambah dan kelebihan dari SPSS/Eviews dibanding metode-metode strategi manajemen lainnya yang lebih populer namun terkadang belum tentu dapat cocok diterapkan disetiap perusahaan. Poin-poin yang perlu dipahami dalam hal ini antara lain:
  1. Mengerti konsep dasar analisis statistik dan aplikasinya pada bidang industri
  2. Mampu menyusun kerangka analisis berbasis statistika pada perusahaan.
  3. Memahami analisis statistik secara kualitatif dan kuantitatif untuk data-data perusahaan.
  4. Mampu melakukan uji mutu data agar diketahui baik atau tidak suatu data untuk diolah.
  5. Mampu menentukan kebohongan pada suatu data perusahaan.
  6. Mampu menentukan keterkaitan antar faktor-faktor yang ada di perusahaan secara objektif.
  7. Mampu menguji signifikansi perbedaan hasil pencapaian akibat perlakukan atau tindakan yang berbeda.
  8. Mampu meng-intepretasi hasil pengujian baik secara parsial maupun multiple.
  9. Mampu menentukan nilai ideal pencapaian (relevance value) untuk berbagai bidang yang dianalsis.
  10. Mampu memetakan batas kemampuan ideal ditinjau dari perspektif SDM, Keuangan, Pemasaran, Produksi dan hal-hal lainnya yang ada di perusahaan.
  11. Mengukur kepuasan sumber daya manusia.
  12. Membaca perilaku pekerja.
  13. Mampu melakukan seluruh poin-poin di atas yang diaplikasikan dengan SPSS atau Eviwes .

Tidak ada komentar:

Recent Viewers